Kolaborasi APBN dan APBA, 173.396 Jiwa Fakir Miskin Bireuen Terbantu

Kolaborasi APBN dan APBA, 173.396 Jiwa Fakir Miskin Bireuen TerbantuPenandatanganan Berita acara penyerahan paket sembako dari pemerintah Aceh untuk Kabupaten Bireuen
theglobal.id
A A A

BIREUEN -  Sebanyak 6.986 paket sembako dari Pemerintah Aceh diterima langsung  oleh Plt Bupati Bireuen  DR H.Muzakkar A Gani di halaman  pendopo Bupati setempat, Rabu 29 April 2020. Penyerahan paket sembako untuk masyarakat kurang mampu yang berdampak dari Covid-19 tersebut diserahkan oleh Penasehat Khusus Gubernur Aceh bidang sosial Fauzan Azima, yang turut didampingi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Dinsos Aceh Fachrial SPt serta kepala Bidang Linjamsos Sya’baniar SE.

Dalam sambutan saat penyerahan, kepala Dinas Sosial Aceh Drs.Alhudri, MM melalui Kepala Bidang Pemberdayaan FM Fachrial SPt mengatakan, bantuan sebanyak itu merupakan hasil verivikasi yang kemudian tertuang dalam surat keputusan Bupati Bireuen nomor 289 tahun 2020.

Lebih lanjut Fachrial menjelaskan, untuk Kabupaten Bireuen mendapat jatah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang bersumber dari APBN sebanyak 36.363 KK dari keluarga kurang mampu atau 145.452 jiwa, kemudian se iring musibah melanda Indonesia tak terkecuali Bireuen akibat pandemic Covid-19 ini, pemerintah Aceh mengkucurkan anggaran untuk paket sembako yang dibagikan untuk keluarga kurang mampu yang berdampak Covid-19, untuk Bireuen mendapat 6.986 paket sembako untuk 6.986 kepala keluarga atau  27.944 jiwa, dengan asumsi 4 orang setiap kepala keluarga.

“dengan begitu, kita menyimpulkan , bantuan dari pemerintah baik APBN dan APBA sudah terbantu sebanyak 173.396 jiwa. Artinya bantuan pemerintah untuk bireuen sudah melebihi dari angka kemiskinan yang dirilis oleh BPS sebanyak 63.601 jiwa yang ada di Bireuen. Ini baru dua Skema bantuan, belum termasuk skema bantuan dari APBK, maupun dana desa, bahkan bantuan dari pihak lain yang selama ini sudah mulai menyalurkan di Bireuen,” demikian jelas Fachrial.

Plt Bupati Bireuen dalam kesempatan yang sama mengatakan, bantuan tersebut akan segera disalurkan dan dipastikan tepat sasaran sesuai nama penerima yang telah dituangkan dalam SK bupati. “Semua pihak silahkan mengawasi penyaluran paket sembako tersebut agar terhindar dari fitnah,” pungkas Muzakar. Terakhir, orang nomor satu di Bireuen ini mengucapkan terimakasih kepada Plt Gubernur Aceh serta Forkopimda Plus Provinsi Aceh atas kepedulian terhadap kabupaten Bireuen.

NAGAN RAYA TERIMA 1.442 PAKET SEMBAKO

Sementara itu, sebelumnya pada Selasa 28 April 2020, Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh juga menyalurkan paket sembako sebanyak 1.442 paket ke Kabupaten Nagan Raya untuk 1.442 kepala Keluarga atau untuk 5.768 jiwa keluarga kurang mampu.

Paket sembako untuk masyarakat kurang mampu yang berdampak akibat Covid-19 di Nagan Raya diterima langsung oleh Bupati setempat H.Jamin Idham,SE yang turut disaksikan oleh Forkopimda Plus nagan Raya. Penyerahan berlangsung di halam kantor Bupati Nagan Raya.

Sumber:theglobal.id

Komentar

Loading...